TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT)
UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG DAN STATISTIKA
Nurul Laila
Hidayati
Mahasiswa
Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang
Jalan Lontar Nomor
26 Semarang
Nurul_apriliawan@yahoo.com
ABSTRAK
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model kooperatif tipe Teams-Games-Tournament
(TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar
matematika siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta pada materi peluang
dan statistika.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa
kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri
dari 40 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama membahas
materi Peluang dan siklus kedua Statistika. Data hasil penelitian diperoleh
dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan
menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, angket respon siswa, catatan
lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lembar observasi
keaktifan dan angket respon siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari
keseluruhan aspek yang diamati.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa setelah dilakukan penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) menunjukkan bahwa rata-rata
seluruh aspek keaktifan belajar materi Peluang dan Statistika mengalami
peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi keaktifan
belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I keaktifan siswa sebesar
61,17% untuk siklus II sebesar 71,11%. Selain itu hasil dari angket respon
siswa terhadap pembelajaran
juga meningkat yaitu sebesar 63% pada siklus I dan sebesar 70,11% pada siklus II.
Kata kunci : TGT, Keaktifan belajar, Peluang dan
Statistika
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Salah satu model pembelajaran yang dapat
mengaktifkan siswa adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu pembelajaran
kooperatif adalah tipe Teams-Games Tournamaent (TGT). Pada
tipe ini terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui selama proses
pembelajaran. Tahap awal, siswa belajar dalam suatu kelompok. Setelah itu siswa
bersaing dalam turnamen untuk mendapatkan penghargaan kelompok. Selain itu
terdapat kompetisi antar kelompok yang dikemas dalam suatu pernainan agar
pembelajaran tidak membosankan. Hal ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi
dengan guru. Dengan mendekati siswa, diharapkan tidak ada ketakutan bagi siswa
untuk bertanya atau berpendapat kepada guru.
Peneliti mengadakan observasi di kelas IX A, IX B dan IX C SMP Negeri 4
Depok Yogyakarta untuk memperoleh gambaran kondisi siswa pada saat proses
belajar matematika berlangsung. Di kelas IX C, pada saat guru memberikan
pertanyaan, siswa menjawab pertanyaan guru secara bersama-sama. Jika diberi
kesempatan untuk bertanya, siswa hanya berbisik-bisik dengan teman bahkan
sebagian besar hanya diam. Siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya
maupun menjawab pertanyaan. Siswa mencatat semua materi yang disampaikan jika
guru telah menginstruksikan untuk mencatat materi.
Berdasar hasil
observasi tersebut, siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Hal ini
menunjukkan guru belum melaksanakan pembelajaran kooperatif dengan baik.
Bertolak dari semua hal di atas peneliti ingin melakukan suatu penelitian
tindakan kelas guna meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok
bahasan Peluang dan Statistika di SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta kelas IX C
melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di
atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan
sebagai berikut : Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Times-Games-Tournament
(TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas IX C SMP
Negeri 4 Depok Yogyakarta pada pokok bahasan statistika dan peluang?
C.
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan
keaktifan belajar matematika siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta
pada pokok bahasan Statistika dan Peluang
Untuk
mendapatkan file diatas silahkan klik Download
0 komentar:
Posting Komentar