Blogger templates

Jumat, 19 Juli 2013

Artikel Skripsi Teams-Games-Tournament




TEAMS-GAMES-TOURNAMENT  (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG DAN STATISTIKA


Nurul Laila Hidayati
Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang
Jalan Lontar Nomor 26 Semarang
Nurul_apriliawan@yahoo.com


ABSTRAK

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model kooperatif tipe Teams-Games-Tournament  (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta pada materi peluang dan statistika.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 40 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama membahas materi Peluang dan siklus kedua Statistika. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, angket respon siswa, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan dan angket respon siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek keaktifan belajar materi Peluang dan Statistika mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan  dengan  adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi keaktifan belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I keaktifan siswa sebesar 61,17% untuk siklus II sebesar 71,11%. Selain itu hasil dari angket respon siswa terhadap pembelajaran juga meningkat yaitu sebesar 63% pada siklus I dan sebesar 70,11% pada siklus II.


Kata kunci : TGT, Keaktifan belajar, Peluang dan Statistika









PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah

Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu pembelajaran kooperatif adalah tipe Teams-Games Tournamaent (TGT). Pada tipe ini terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui selama proses pembelajaran. Tahap awal, siswa belajar dalam suatu kelompok. Setelah itu siswa bersaing dalam turnamen untuk mendapatkan penghargaan kelompok. Selain itu terdapat kompetisi antar kelompok yang dikemas dalam suatu pernainan agar pembelajaran tidak membosankan. Hal ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan guru. Dengan mendekati siswa, diharapkan tidak ada ketakutan bagi siswa untuk bertanya atau berpendapat kepada guru.

Peneliti mengadakan observasi di kelas IX A, IX B dan IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta untuk memperoleh gambaran kondisi siswa pada saat proses belajar matematika berlangsung. Di kelas IX C, pada saat guru memberikan pertanyaan, siswa menjawab pertanyaan guru secara bersama-sama. Jika diberi kesempatan untuk bertanya, siswa hanya berbisik-bisik dengan teman bahkan sebagian besar hanya diam. Siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan. Siswa mencatat semua materi yang disampaikan jika guru telah menginstruksikan untuk mencatat materi.

Berdasar hasil observasi tersebut, siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Hal ini menunjukkan guru belum melaksanakan pembelajaran kooperatif dengan baik. Bertolak dari semua hal di atas peneliti ingin melakukan suatu penelitian tindakan kelas guna meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan Peluang dan Statistika di SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta kelas IX C melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT.

B.       Rumusan Masalah

Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Times-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta pada pokok bahasan statistika dan peluang?

C.      Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta pada pokok bahasan Statistika dan Peluang
 

Untuk mendapatkan file diatas silahkan klik Download

0 komentar: